Maling Burung yang Tertangkap di Pemalang Ngaku Pengangguran dan Istrinya Hamil

- Minggu, 17 Mei 2020 | 06:52 WIB
Syarifuddin (kanan), maling burung di Pemalang ditanyai oleh si pemilik burung yang dicurinya. (Istimewa)
Syarifuddin (kanan), maling burung di Pemalang ditanyai oleh si pemilik burung yang dicurinya. (Istimewa)

Syarufuddin (38), pria asal Tegal yang tertangkap basah mencuri burung piaraan milik warga di Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah, mengaku istrinya sedang hamil. Tak cuma itu, ia juga bilang kalau dirinya pengangguran setelah di-PHK.

"Aku khilaf, Pak. Aku lagi nganggur, Pak. Bojo lagi meteng (istriku lagi hamil)," kata pria tersebut.

Pengakuan Syarifuddin pun membuat warga yang menangkapnya semakin iba. Ia diberi makan dan minum dan dinasihati baik-baik oleh warga dan tentara yang mengamankannya. Si pemilik burung pun juga mengasihaninya.

-
Syarifuddin (38), maling burung di Pemalang saat diberi makan dan minum. (Istimewa)

Videonya saat tertangkap viral di media sosial. Sempat ketakutan saat ditangkap ramai-ramai oleh warga dan disuruh membuka bajunya, Syarufuddin ternyata tidak dihajar, melainkan diperlakuan selaiknya manusia memperlakukan manusia lain.

Tampak dari video berdurasi 7 menit 17 detik yang dibagikan akun Facebook TV Oye, Syarufuddin dipersilakan duduk dan menyantap makanannya tanpa sungkan.

"Makan yang benar ya, yang kenyang," kata salah seorang warga.

-
Maling burung di Pemalang saat ditanyai oleh anggota tentara. (Istimewa)

Memang, ada juga seorang warga yang geram dan ingin memukul. Namun yang satu itu ditenangkan oleh warga yang lain.

"Wis, Mon, Mon," ucap yang lain menenangkannya.

Sikap para warga tersebut pun menuai apresiasi dari netizen. Netizen menilai masyarakat di desa tersebut sangat beradab dan berperikemanusiaan. Mereka berharap sikap warga desa tersebut dapat ditiru oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

"Nah ini sebagus bagusnya manusia bukan manusia yg kaya ataupun berpangkat,tapi manusia yg punya adab,hati dan toleransi...dia mencuri pasti punya alasan,selama dia tidak menyakiti orang lain dia masih pantas mendapat perlakuan baik,sungguh mulia orang orang yg memperlakukannya meskipun dia bersalah tapi tidak ada kata hakim sendiri,pilihan yg bijak semoga warga"nya mendapat rezki yg berlimpah dan pencuri di beri jalan yg terang untuk mendapat pekerjaan yg layak????," tulis akun Muhammad Akbar.

"Bagus masyarakatnya respon tidak main hakim sendiri.
Tapi kita juga gak kepingin ketipu kepolosan pelaku.
Alangkah baiknya di Anter ke rumahnya di buktikan kebenaran perkataan pelaku. Salut salut saluuuut....????????????????," komentar Joko Purnomo.

"Saya salut Sama warga ini semua punya prikemanusian semoga bisa di contoh semua orang seluruh Indonesia tidak main Hakim sendiri mas ini semoga inshaf ke jalan Allah amin," tulis Princess Sylvia NW.

"Masyarakat ny smua patut diacungi jempol.. Mreka ttep berbaik hati pda orng yng salah dn brusaha menasehati bukan malah mngahakimi yng salah.. Saluttt sma masyarakat nyaa ???????????? Baikkkk," tulis Mom's Herdy.

"Kampung yg sngat berprikemanusiaan...Smga kmpungnya penuh dngan berkah dan d mudahkn sgla urusannya...Smg ini mnjadi pljrn buat kmpung" lain biar tidak asal mnghakimi sndiri klo maling yg ta seberapa..," tulis Incu Ama.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X