Wabah Virus Corona, 250 Relawan Siap Diterjunkan di RS Darurat Wisma Atlet

- Jumat, 3 April 2020 | 17:34 WIB
Pembekalan kepada calon relawan di RS Darurat Wisma Atlet. (Dok. Pendam Jaya)
Pembekalan kepada calon relawan di RS Darurat Wisma Atlet. (Dok. Pendam Jaya)

Ratusan relawan siap diterjunkan, guna membantu tenaga medis menangani pasien virus corona (Covid-19) di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jumlahnya sekitar 250 relawan. Nantinya, mereka akan diperbantukan sebagai tenaga perawat di rumah sakit yang menampung pasien positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Penanggulangan Covid-19 di RS Wisma Atlet, Brigjen TNI M. Saleh menerangkan, para relawan ini berasal dari berbagai kalangan dan diberikan pembekalan.

"Mereka saat ini sudah berada di RS Wisma Atlet dan dalam proses pembekalan, sebelum menjalankan tugasnya. Mereka berasal dari TNI, Polri, Poltekes maupun perorangan," jelasnya, Jumat (3/4/2020).

-
Suasana pembekalan calon relawan. (Dok. Pendam Jaya)

Sementara itu, Koordinator Medis RS Darurat Wisma Atlet Letkol Ckm Hendik Wicaksono menjelaskan, pembekalan diberikan langsung oleh PPI Kementerian Kesehatan RI.

“Materi yang diberikan antara lain prosedur pemakaian dan pelepasan APD, cara penggunaan alat rapid test, dan prosedur-prosedur lain yang dianggap perlu”, ungkap Hendrik.

Ia menambahkan, para relawan ini juga memperoleh pembekalan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Pusat dan PPNI DPD Jakarta Pusat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X