Jokowi Siap Resmikan Underpass Terpanjang di Indonesia Besok

- Kamis, 30 Januari 2020 | 16:06 WIB
Underpass NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY yang akan diresmikan Presiden Jokowi, Jumat (31/1/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)
Underpass NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY yang akan diresmikan Presiden Jokowi, Jumat (31/1/2020). (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang merupakan underpass terpanjang di Indonesia pada Jumat (31/1/2020).

Underpass yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dibangun hanya dalam waktu 13 bulan saja, sejak November 2018 lalu. 

Underpass tersebut dibangun agar akses Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta tetap terbuka, karena pembangunan Bandara Kulonprogo yang memotong jalan jalur Pantai Selatan (Pansela) lama.

"Underpass ini merupakan bagian dari segmen jalan Pansela (Pantai Selatan Jawa). Jalan Pansela ini memanjang dari Banyuwangi di Jawa Timur sampai Banten. Ini untuk menyeimbangkan pola lalu lintas di Jawa," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, saat meninjau persiapan peresmian underpasa NYIA di Kulonprogo, Kamis (30/1/2020). 

Pembangunan underpass NYIA menghabiskan anggaran sebesar Rp 293 miliar yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara Tahun Anggaran 2018-2019. Underpass NYIA memiliki panjang total 1,4 kilometer dan terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter, serta jalan pendekat arah timur dan barat, masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter. Underpass memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter. 

Sugiyartanto mengatakan, keberadaan underpass tersebut tidak hanya menunjang lalu lintas kendaraan menuju Bandara NYIA, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, yang terkenal akan seni dan budayanya.

“Kita tidak hanya sekadar membangun jalan atau membangun underpass (NYIA), tetap juga memberikan sentuhan-sentuhan seni, atau bahasa kami diberikan beautifikasi tanpa menghilangkan fungsi utama (dari underpassnya),” pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X