Disdik DKI Tak akan Beri Sanksi ke Pelajar yang Ikut Demo 11 April

- Selasa, 12 April 2022 | 19:12 WIB
Polisi mendata pelajar dan remaja yang diamankan saat akan mengikuti aksi demo ke Jakarta di Mapolres Metro Tangerang Kota, Tangerang. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Polisi mendata pelajar dan remaja yang diamankan saat akan mengikuti aksi demo ke Jakarta di Mapolres Metro Tangerang Kota, Tangerang. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta tak akan memberikan sanksi kepada pelajar yang ikut aksi demonstrasi di DPR/MPR maupun di kawasan sekitar Monas pada Senin (11/4/2022) kemarin. 

Kasubag Humas Disdik DKI Taga Radja mengatakan bahwa pihaknya hanya akan melakukan pembinaan terhadap pelajar tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 86 Tahun 2018. 

"Kami akan memberikan pembinaan, karena ini berbicara demokrasi kan. Paling tidak diberikan pemahaman yang utuh tentang apa sih UUD itu, kemudian urgensinya, kepentingannya. Artinya kami lebih mengedepankan itu," ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/4/2022). 

Lebih lanjut, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini pun mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui jumlah pelajar di Jakarta yang dikabarkan turun ke jalan untuk melakukan aksi demonstrasi

"Belum dapet laporan. Data saya belum ada laporan tuh mas, mohon maaf saya belum bisa komen dulu ya karena saya juga lagi nunggu apa pelajar jakarta ada atau tidak ditangkap gitu," terang Taga.

Seperti diketahui sebelumnya, pada aksi demontrasi yang digelar di DPR dan kawasan Monas kemarin itu, pihak kepolisian telah mengamankan sejumlah para pelajar yang ingin ikut aksi demontrasi. 

Terkait hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyayangkan adanya sejumlah pelajar yang turut serta melakukan aksi demontrasi di DPR dan Monas pada Senin kemarin, 11 April 2022.  

Pasalnya, menurut Riza, tugas pelajar untuk saat ini adalah fokus belajar di sekolah. Maka, seharusnya tidak turun ke jalan, dan ikut dalam menyuarakan pendapat bersama mahasiswa.  

"Tentu ini jadi pembelajaran. Kami sudah ingatkan, bukan berarti menutup ruang demokrasi bagi para pelajar, pelajar sebaiknya fokus pada sekolah," ucapnya di Balai Kota DKI, Selasa (12/4/2022). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X