Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap 11 Perempuan, Gubernur New York Mundur dari Jabatannya

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:38 WIB
Gubernur New York Andrew Cuomo. (REUTERS/Caitlin Ochs)
Gubernur New York Andrew Cuomo. (REUTERS/Caitlin Ochs)

Gubernur New York Andrew Cuomo pada Selasa (10/8/2021) menyatakan mundur setelah hasil penyelidikan menyatakan bahwa ia pernah melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan.

Cuomo mundur di tengah peningkatan tekanan hukum yang ia hadapi serta tuntutan dari Presiden Amerika Serikat agar ia mundur dari jabatannya.

Tokoh Demokrat yang sejak 2011 menjabat gubernur negara bagian terpadat keempat di AS tersebut menyatakan mundur satu pekan setelah Jaksa Agung New York Letitia James mengumumkan hasil penyelidikan soal Cuomo.

Menurut investigasi independen yang dijalankan selama lima bulan, Cuomo telah melanggar hukum federal dan negara bagian. Saat menyampaikan pidato selama 20 menit di televisi, Cuomo (63 tahun) mengatakan pengunduran dirinya akan berlaku dalam 14 hari.

Walaupun mundur sebagai gubernur, Cuomo berkeras bahwa ia tidak melakukan kesalahan. Cuomo mengatakan bahwa dirinya menerima kenyataan bahwa dirinya "bertanggung jawab penuh" atas tindakan yang tidak tepat ketika ingin menunjukkan bahwa dirinya adalah orang yang hangat dan humoris.

Ia menyimpulkan bahwa melawan tuduhan sambil tetap menjalankan jabatannya akan melumpuhkan pemerintahan negara bagian, juga menimbulkan kerugian jutaan dolar bagi para pembayar pajak saat pandemi masih menjadi ancaman utama.

"Saya berpikir, mengingat situasi seperti itu, yang terbaik bisa saya lakukan saat ini adalah menyingkir dan biarkan pemerintahan menjalankan tugasnya dan dengan demikian itulah yang akan saya lakukan," ujar Cuomo.

Dengan mengundurkan diri, Cuomo terhindar dari kemungkinan dipecat melalui prosedur pemakzulan di badan legislatif negara bagian.

Menurut laporan penyelidikan setebal 168 halaman, Cuomo pernah meraba-raba, mencium, atau mengeluarkan komentar-komentar yang tak senonoh terhadap sejumlah perempuan.

Di antara perempuan yang dilaporkan pernah mengalami tindakan Cuomo tersebut adalah para pegawai dan mantan pegawai, salah satunya merupakan anggota kepolisian negara bagian.

Dengan perkembangan terkini, karier politik yang telah sekian lama dijalani Cuomo tergelincir. Ia pernah terlihat mengincar kemungkinan bertarung dalam pemilihan presiden.

Cuomo sendiri adalah politisi terbaru New York yang terpaksa mundur dari jabatan saat diduga terlibat skandal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X