Pedagang Pasar Minta Anies Cabut Aturan Wajib Bawa Sertifikat Vaksin

- Jumat, 30 Juli 2021 | 15:37 WIB
Petugas memeriksa kartu vaksinasi seorang pedagang yang akan memasuki Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (26/7/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Petugas memeriksa kartu vaksinasi seorang pedagang yang akan memasuki Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (26/7/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri meminta Gubernur DKI Anies Baswedan mencabut aturan pedagang dan pengunjung wajib membawa sertifikat vaksinasi Covid-19 jika ke pasar.

Pasalnya, menurut Mansuri hingga saat ini pihaknya tengah menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada para pedagang sebanyak 100 ribu perhari.

Maka dari itu, apabila vaksinasi kepada seluruh pedagang di Ibukota telah dilakukan, ia meminta mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mencabut aturan tersebut.

"Setelah vaksinasi Ini dilakukan di seluruh pasar di Jakarta dilalukan, kita minta SK itu dicabut," ucap Mansuri di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

"Kami akan lakukan komunikasi untuk tidak perlu ada itu lagi, karena faktanya kita sudah lakukan vaksin untuk pedagang," tambahnya.

Dengan adanya aturan wajib membawa kartu vaksin Covid-19 tersebut, ia menyebutkan banyak pedagang yang menyesalkan karena  pengunjung yang datang sangat sedikit.

"Dan di sini enggak ada pembeli, dan di sini harus ada Kartu vaksinasi. Mereka enggak jadi masuk, ini menjadi persoalan dan problematika," tandas Mansuri.

Seperti diketahui, keputusan yang mewajibkan pedagang dan pembeli membawa kartu vaksin Covid-19 tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Nomor 402 Tahun 2021.

"Pelaku usaha atau pedagang dan pengungjung harus sudah divaksin Covid-19,” tulis Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah seperti dikutip dari keputusan itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X