Polri Sudah Identifikasi KKB Penembak Kabinda Papua

- Selasa, 27 April 2021 | 11:50 WIB
Kepala BIN Papua Meninggal Saat Baku Tembak dengan KKB. (istimewa)
Kepala BIN Papua Meninggal Saat Baku Tembak dengan KKB. (istimewa)

Mabes Polri menyebut Satgas Nemangkawi yang terdiri dari personel TNI-Polri sudah berhasil mengidentifikasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan aksi penembakan terhadap Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu. Namun, KKB sendiri sudah terang-terangan membongkar identitas kelompok mereka yang melakukan aksi penembakan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. Brigjen Rusdi menyebut pihaknya sudah berhasil mengidentifikasi pelaku penembakan.

"Itu sudah teridentifikasi yang main di wilayah Puncak. Itu dari kelompok, telah teridentifikasi," kata Brigjen Rusdi kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Brigjen Rusdi enggan membongkar KKB yang melakukan penembakan. Namun, dia hanya menyebut KKB yang melakukan aksi penembakan merupakan KKB yang  kerap beraksi di Kabupaten Puncak, Papua.

"Yang jelas dari aparat keamanan telah dapat mengidentifikasi dari pada kelompok yang melakukan aksinya selama ini di wilayah Kabupaten Puncak," beber Rusdi.

BACA JUGA: Legislator Golkar Sebut Penembakan Kabinda Papua Jadi Alarm Bagi KKB

Selain itu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau yang kerap disebut KKB oleh TNI-Polri sudah dengan gamblang membeberkan kelompok yang melakukan penembakan. Mereka menyebut kelompok pimpinan Lekagak Telenggen yang melakukan aksi penembakan.

"TPNPB pimpinan Mayjen Lekagak Telenggen bertanggung jawab atas penembakan dua anggota TNI," kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom saat dihubungi Indozone sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X