Tampang 2 Terduga Teroris KKB Papua yang Bunuh 4 TNI AD di Papua Barat

- Jumat, 3 September 2021 | 13:44 WIB
2 terduga teroris KKB Papua berhasil ditangkap (Instagram/teropong.militer)
2 terduga teroris KKB Papua berhasil ditangkap (Instagram/teropong.militer)

Satuan Yonif Raider 762/VYS dan anggota Kodim 1809/Maybrat berhasil menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang diduga terlibat dalam penyerangan yang menewaskan 4 TNI di Maybrat.

Penangkapan ini dibenarkan oleh Kepala Penerangan Kodam XVIII/Arm Letkol Hendra Pasireron. Kedua terduga pelaku pembunuhan 4 anggota TNI itu ditangkap pada Kamis (2/9/2021).

Dari hasil pemeriksaan, diketahui kalau keduanya merupakan anggota dari KKB Papua pimpinan Manfet Patem. Saat ini keduanya masih diperiksa secara intensif oleh Satgas.

TNI dan Polri juga masih mengejar sejumlah orang yang terlibat dalam penyerangan Poskoramil Kisor.

Empat TNI AD tewas karena diserang KKB Papua

-
Pengejaran terhadap KKB Papua (Istimewa)

Diberitakan sebelumnya, empat anggota TNI Angkatan Darat ditemukan meninggal dunia akibat diserang oleh KKB Papua di Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (2/9/2021).

Keempat anggota TNI AD yang ditemukan meninggal dunia tersebut masing-masing adalah Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan Lettu Chb Dirman.

Keempat prajurit TNI AD tersebut diserang saat sedang tidur di Posramil Kisor. Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari ditemukan tewas di dalam Posramil.

Baca juga: Profil Pratu Zul Ansari Gugur Saat Baku Tembak dengan KKB Papua, Putra Asal Bottolampe

Sedangkan Lettu Chb Dirman Komandan Posramil Kisor ditemukan tewas di dalam semak-semak belukar tak jauh dari pos.

Dilansir Antara, masih ada satu anggota TNI AD Pratu Ikbal hingga kini dinyatakan hilang dan belum ditemukan.

4 Jenazah TNI AD dievakuasi ke Sorong

-
Evakuasi jenazah 4 TNI AD yang dibunuh KKB Papua (istimewa)

Jenazah empat anggota TNI Angkatan Darat yang gugur akibat penyerangan  kelompok separatis teroris (KST) bersenjata di Kabupaten Maybrat berhasil dievakuasi melalui jalur darat ke Kota Sorong, Kamis.

Jenazah empat anggota TNI AD yang gugur di medan tugas itu tiba di Makorem 181/PVT Sorong pukul 23.00 WIT. Dan disambut dengan upacara militer di depan Aula Makorem 181/PVT.

Prajurit TNI AD berjejer rapi dengan senjata lengkap sambil memberikan penghormatan kepada empat prajurit kusuma bangsa yang gugur saat menjalankan tugas.

Jenazah empat anggota TNI AD yang gugur di medan tugas yakni Lettu CHB Dirman, Praka Muhammad Dhirhamsyah, Pratu Sul Ansyari Anwar, dan Serda Ambrosius Apri Yudiman disemayamkan di Aula Makorem 181/PVT sebelum diterbangkan ke daerah asal masing-masing pada Jumat (3/9).

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X