Pesan Kapolda Sumut atas Kasus Video TikTok Istri Kapolres Tebingtinggi: Tak Boleh Hedonis

- Selasa, 2 November 2021 | 20:36 WIB
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (Antara foto); dan AKBP Agus Sugiyarso dan istrinya. (Facebook)
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak (Antara foto); dan AKBP Agus Sugiyarso dan istrinya. (Facebook)

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyampaikan pesan moral kepada seluruh anggotanya agar lebih bijaksana dalam bermedia sosial.

Hal itu disampaikannya saat menanggapi kasus viralnya video TikTok istri eks Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso, yakni Iptu Eci Agus Sugiyarso, yang menunjukkan segepok uang kertas sambil berjoget.

Buntut dari viralnya video tersebut, AKBP Agus Sugiyarso pun dicopot dari jabatannya dan dimutasikan sebagai pamen Polda Sumut dalam rangka evaluasi jabatan, sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2280/X/KEP./2021 tertanggal 31 Oktober 2021.

Pesan utama yang disampaikan oleh Irjen Panca adalah bahwa anggota Polri sepatutnya tidak menampilkan tindakan yang mencerminkan gaya hidup hedonistis.

-
Istri AKBP Agus di TikTok. (ist)

"Saya hari ini sudah mengambil langkah, menindaklanjuti apa yang menjadi perintah Bapak Kapolri. Bahwa setiap anggota Polri supaya hati-hati dan waspada terhadap penggunaan media sosial. Terkhusus gambar-gambar yang menampilkan kegiatan yang bisa menimbulkan persepsi hedonisme," ujar Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Selasa, (2/11/2021).

Menurut Irjen Panca, segepok uang yang dipamerkan oleh Iptu Eci itu adalah uang arisan di Polres Tebingtinggi. Sedangkan video joget TikTok itu, berdasarkan hasil pemeriksaan, diunggah oleh staf pribadinya.

Meskipun begitu, kata Panca, hal itu tetap saja tidak patut.

"Ini, meskipun bukan dia yang meng-upload, tapi dia tahu bahwa perintah pimpinan Polri, tidak boleh menunjukkan gambar-gambar yang menampilkan hedonisme dan terkait dengan harta benda, meskipun itu bukan uangnya," tegas Irjen Panca.

AKBP Agus pun langsung dipanggil menghadap usai dicopot dari jabatannya.

-
AKBP Agus Sugiyarso dan istrinya. (Facebook)

"Hari ini, sebagai tanggung jawab suaminya, Kapolres saya tarik ke Polda dalam rangka evaluasi dan sudah serah terima jabatan. Itu konsekuensi bagi anggota Polri," ujar Irjen Panca.

Panca pun kesal atas tindakan anggotanya itu. Ia tak suka anggotanya menunjukkan gaya hidup hedonis, apalagi dipertontonkan ke khalayak.

"Sekarang kan masyarakat sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. Gaya hedonisme itu gak pantas," ujarnya.

Seperti diketahui, video joget TikTok sambil menunjukkan segepok uang itu diunggah melalui akun @ecimot512.

Dalam video itu, Eci terlihat mengenakan kaos berlogo Tribrata sambil berjoget dengan memegang segepok uang. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X