Peristiwa 14 Juni: Penemuan Galaksi Bunga Matahari hingga Hari Donor Darah Sedunia

- Senin, 14 Juni 2021 | 12:43 WIB
Galaksi Bunga Matahari. (NASA)
Galaksi Bunga Matahari. (NASA)

Tanggal 14 Juni menjadi hari kelahiran beberapa sosok terkenal dunia. Tak hanya itu, ada juga penemuan menarik yang terjadi bertepatan dengan tanggal ini.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, inilah peristiwa menarik yang terjadi pada 14 Juni.

1. Penemuan Galaksi Bunga Matahari (1779)

-
Galaksi Bunga Matahari. (Wikipedia)

Astronom asal Prancis, Pierre Mechain menemukan Galaksi Bunga Matahari (dikenal juga sebagai Messier 63, M63, atau NGC 5055) pada 14 Juni 1779. Galaksi ini merupakan galaksi spiral di rasi bintang Canes Venaciti yang terdiri dari cakram pusat yang dikelilingi oleh banyak segmen lengan spiral pendek.

2. Kelahiran Che Guevara (1928)

-
Che Guevara. (Wikipedia)

Tokoh pejuang Revolusi Kuba, Che Guevara dilahirkan pada 14 Juni 93 tahun yang lalu. Ia lahir dengan nama Ernesto Guevara di Rosario, Santa Fe, Argentina dan merupakan anak sulung dari lima bersaudara. Ia meninggal di usia 39 tahun di Bolivia setelah dihukum mati dengan cara ditembak.

3. Kelahiran Donald Trump (1946)

-
Donald Trump. (Instagram/realdonaldtrump)

Mantan Presiden AS, Donald Trump memiliki tanggal lahir yang sama dengan Che Guevara. Trump lahir di Queens, New York. Ia lahir dari ayah bernama Fred Trump yang menjadi salah satu pengembang properti terbesar di New York, dan ibunya, Mary Trump asal Skotlandia. Sebelum terjun ke dunia politik, Donald Trump lebih dikenal sebagai pebisnis di bidang properti.

BACA JUGA: Ini Hukuman Kim Jong Un untuk Warganya yang Nonton K-Pop

4. Pembukaan Piala Dunia di Moskow (2018)

-
Maskot Piala Dunia 2018 di Rusia, Zabivaka. (Soccer.ru)

Pembukaan Piala Dunia 2018 berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia. Maskot yang diusung dalam Piala Dunia ini adalah seekor serigala yang bernama Zabivaka. Turnamen ini berlangsung pada 14 Juni hingga 15 Juli dengan Prancis sebagai juara.

5. Hari Donor Darah Sedunia

-
Ilustrasi tes darah. (Pexels/Amornthep Srina)

Hari Donor Darah Sedunia ditetapkan oleh para menteri kesehatan di seluruh dunia pada tahun 2000. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendonorkan darahnya. Tahun ini peringatan Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema "Give blood and keep the world beating". 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X