Erick Thohir: Anak Muda Harus Manfaatkan Kondisi Ekonomi, Jangan Jadi Generasi Rebahan!

- Kamis, 18 Mei 2023 | 16:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir berharap anak muda Indonesia bisa menjadi generasi yang kreatif, bukan generasi rebahan. (INDOZONE/Arvi Resvanty)
Menteri BUMN Erick Thohir berharap anak muda Indonesia bisa menjadi generasi yang kreatif, bukan generasi rebahan. (INDOZONE/Arvi Resvanty)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan generasi muda harus memanfaatkan kondisi ekonomi Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan. Dia berharap anak muda Indonesia bisa menjadi generasi yang kreatif, bukan generasi rebahan.

"Jangan jadi generasi rebahan kita harus aktif," ungkap Erick dalam keterangan yang diterima Indozone di Jakarta, Kamis (18/5/2023).

Menurut Erick, anak muda harus menjadi bagian dari perkembangan industri di dalam negeri. Misalnya, terlibat dalam industri kopi.

Baca Juga: Ternyata Erick Thohir Juga Khawatir soal Ancaman Puluhan Juta Pekerjaan Hilang

Erick mengingatkan, 53% pertumbuhan ekonomi Indonesia dikontribusikan oleh konsumsi domestik (domestic consumption). Karena itu, ekosistem industri di dalam negeri akan terus diperbaiki.

"Kita bisa berdikari, tapi produksinya mesti kualitas bagus, mesti ada industrialisasi, bisa bekerja sama," katanya.

Terkait industri kopi, Erick meyakini Indonesia bisa menjadi pemain utama di pasar global. Pasalnya, Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia.

Baca Juga: BRI Mulai Salurkan KUR Rp12 Triliun untuk Maret 2023!

"Ayo terus berusaha, buka peluang, dan koneksi. Mari membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, agar pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin tinggi. Kita buktikan kepada orang-orang yang meragukan bangsa ini," pinta Erick.

Dia juga memastikan BUMN akan memfasilitasi pendanaan kepada pelaku usaha kopi. Pembiayaan bisa diberikan melalui PT Bank BRI Tbk.

"Di sinilah BUMN mendorong industri ini. Saya sampaikan bahwa BUMN itu menjadi solusi, salah satunya lewat pendanaan dari BRI, agar industri kopi terus bergerak maju dan menjadi pemain utama di dunia," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X