Jembatan Kereta Api Ambles, Perjalanan KA Lintas Purwokerto Dialihkan

- Selasa, 12 Januari 2021 | 11:43 WIB
Petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto saat memeriksa pengikisan atau gogos di jembatan nomor BH 1.120 Km 305+5/6, jalur hulu antara Linggapura dan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Foto: KAI Purwokerto)
Petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto saat memeriksa pengikisan atau gogos di jembatan nomor BH 1.120 Km 305+5/6, jalur hulu antara Linggapura dan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Foto: KAI Purwokerto)

Perjalanan sejumlah Kereta Api (KA) lintas jalur Purwokerto, Jawa Tengah, terpaksa dialihkan menyusul adanya gangguan karena amblesnya Jembatan Tonjong di Kabupaten Brebes, yang telah mengganggu akses perjalanan kereta.

Seperti dilansir Antara, gangguan tersebut akibat ada pengikisan atau gogos di jembatan nomor BH 1.120 Km 305+5/6, jalur antara Linggapura dan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Informasi mengenai kejadian gogos atau terkikis tersebut pertama kali diterima Pusat Pengendali KA Daop 5 Purwokerto dari Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Linggapura pada Senin (11/1/2021) pukul 17.45 WIB," kata Pejabat yang Melaksanakan Tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (12/1/2021).

BACA JUGA: Sempat Terhenti Akibat Corona, PTKAI Kembali Operasikan Kereta Walahar Cikarang-Purwakarta

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, pilar jembatan yang ambles menyebabkan KA tidak bisa melintas sejak Senin 11 Januari malam.

Ia menjelaskan penumpang KA dengan tujuan Stasiun Purwokerto harus mengakhiri perjalanannya di Stasiun Tegal untuk selanjutnya diangkut dengan menggunakan bus. Salah satunya adalah penumpang KA Kamandaka.

Sejumlah KA lintas selatan, kata dia, rute perjalanannya juga dialihkan melalui Semarang, kemudian menuju Solo, yaitu KA Argo Lawu, KA Gajayana, KA Mataram, KA Taksaka, KA Ranggajati dan KA Parcel.

Saat ini, lanjut dia, proses perbaikan sedang dilakukan dan diharapkan bisa segera diselesaikan. Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan kedatangan KA atas kejadian tersebut.

Adapun untuk keberangkatan maupun kedatangan KA dengan tujuan stasiun-stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dipastikan tidak ada keterlambatan atau perubahan jadwal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X