Survei BI: Keyakinan Konsumen Mulai Membaik

- Selasa, 8 Desember 2020 | 14:04 WIB
Gedung Bank Indonesia di Jakarta. (Instagram/@bankindonesia)
Gedung Bank Indonesia di Jakarta. (Instagram/@bankindonesia)

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasi keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi pada November 2020 membaik. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang sebesar 92,0, meningkat dibandingkan 79,0 pada bulan sebelumnya.

"Keyakinan konsumen terpantau menguat di seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dikutip Antara, Selasa (8/12/2020).

Erwin menerangkan, secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 17 kota, tertinggi terjadi di kota Pontianak, diikuti oleh Samarinda, dan Bandar Lampung.

Baca Juga: Sri Mulyani Beberkan Pulihnya Ekonomi Hingga Tantangan pada Kuartal IV dan 2021

Perbaikan keyakinan konsumen pada November 2020 didorong oleh ekspektasi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu peningkatan ekspansi kegiatan usaha serta kenaikan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang.

Sementara persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga membaik, meski masih berada pada area kontraksi. Hal ini disebabkan oleh persepsi yang menguat terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X