Sebelum diterima bekerja, para oelamar umumnya melewati serangkaian proses yang melelahkan dan menguras pikiran. Salah satunya tahapan interview alias wawancara.
Sesi ini merupakan langkah awal dalam proses rekrutmen. Di mana proses interview akan menyaring dan menyisakan para kandidat kompeten untuk diberikan kepada manajer perekrutan di tahap selanjutnya.
Baca juga: 5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate, Catat Biar Gak Jadi Beban Keluarga!
Bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja, sesi ini mungkin akan terasa mudah. Namun bagi fresh graduate ataupun yang baru pertama kali, interview kerja bisa jadi momok yang cukup menakutkan, loh.
Nah karena itu, berikut beberapa tips jitu menghadapi wawancara kerja bagi pemula yang dirangkum Indozone dari The Balance Careers. Praktekin yuk agar tahapan interview-mu berjalan lancar dan bebas hambatan!
1. Cari info sebanyak mungkin
Dalam mempersiapkan sesi wawancara, kamu sebaiknya meninjau ulang soal deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan hingga sejarah perusahaan.
Hal ini penting untuk membantumu dalam menjawab pertanyaan seputar pekerjaan serta menunjukkan kalau kamu memiliki keinginan kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut.
2. Melatih menjawab pertanyaan
Untuk sukses mencuri hati tim Human Resources Development (HRD) perusahaan di tempatmu melamar, kamu perlu menyiapkan jawaban-jawaban terbaik. Karena itu, sembari mempelajari seluk-beluk perusahaan, berlatihlah dalam menjawab setiap pertanyaan yang mungkin diberikan rekruter.
Kamu bisa meminta orang terdekat untuk latihan wawancara bersama. Perhatikan setiap tutur kata agar tetap terlihat profesional.
Cara ini berlaku untuk wawancara langsung maupun virtual. Tutur dan gaya bahasa cukup menentukan apakah kamu merupakan kandidat yang sesuai atau tidak.
3. Bersikap profesional
Kamu mungkin khawatir tentang wawancara pertama yang akan dihadapi. Karena proses ini memang menjadi penentu, apakah kamu lolos kualifikasi atau tidak.