10 Etika Interview Kerja dengan Tepat, Jobseeker Simak!

- Senin, 30 Januari 2023 | 13:15 WIB
Ilustrasi interview kerja (freepik.com)
Ilustrasi interview kerja (freepik.com)

Tahap wawancara merupakan salah satu tahap awal yang paling ditunggu jobseeker saat melamar pekerjaan. 

Saat wawancara kerja ini, penampilan serta sikap yang dibawa dihadapan rekruter harus sebaik mungkin agar dapat dipertimbangkan lamaran kerjamu.

Untuk itu, kamu harus tahu etika wawancara yang baik dan benar. Berikut telah dirangkum beberapa sikap yang harus diterapkan saat wawancara kerja. Simak yuk!

1. Jangan Terlambat 

-
Ilustrasi meunggu untuk interview kerja (freepik.com)

Terlambat saat wawancara kerja merupakan satu hal yang sangat harus dihindari. Jangan biarkan rekruter menunggu kamu, karena hal ini dapat menimbulkan kesan pertama yang kurang baik. Pastikan kamu datang 10-5 menit lebih awal dari waktu interview.

Baca Juga: Hal Pertama Kali yang Harus Diakukan Setelah Dapat Panggilan Interview Kerja

2. Berpakaian casual 

-
Ilustrasi memakai pakaian casual saat interview kerja (freepik.com)

Di zaman sekarang tak banyak lagi perusahaan yang mengharuskan untuk memakai pakaian hitam putih saat wawancara kerja, sehingga kamu hanya perlu memakai pakaian casual yang rapi dan cukup mengesankan rekruter. 

3. Minum cukup

-
Ilustrasi minum air (freepik.com)

Untuk menghindari rasa dehidrasi saat interview kerja, kamu bisa minum yang cukup terlebih dahulu. Ini juga membantu kamu agar berbicara lebih lancar. 

4. Senyum dan jabat tangan mereka 

-
Ilustrasi interview kerja (freepik.com)

Sikap yang harus kamu bawa saat wawancara berikutnya adalah menjabat tangan dan senyum kepada rekruter. Hal ini menunjukan bahwa dirimu terbuka dan tertarik dalam sesi interview ini. 

5. Silent ponselmu 

-
Ilustrasi silent hp (freepik.com)

Menseyapkan ponsel juga merupakan salahs satu hal penting yang harus kamh terapkan saat interview kerja. Jangan sampai saat ditengah interview kamu dan rekruter terganggu dengan notifikasi. 

6. Tunjukan bahasa tubuh yang nyaman 

-
Ilustrasi bahasa tubuh yang nyaman saat interview kerja (freepik.com)

Bersedekap atau memilin jari merupakan bahasa tubuh yang tak nyaman dan kurang sopan. 

Saat interview pastikan kamu datang dengan kepercayaan diri dan terlihat nyaman, seperti duduk tegak dan terlihat tertarik pada sesi wawancara ini. 

Meskipun rasa gugup masih ada, sebisa mungkin tutupi dengan bahasa tubuh yang nyaman. 

7. Persiapkan diri atas pertanyaan yang diajukan

-
Ilustrasi interview kerja (freepik.com)

Setiap rekruter memang memiliki pertanyaan yang berbeda. Namun, beberapa pertanyaan umum, seperti “perkenalkan dirimu”, “mengapa saya harus menerima kamu di perusaahaan ini?”, “apa kelebin dan kekuranganmu?” dan sebagainya kerap dipertanyakan setiap rekruter. 

Untuk pertanyaan dasar tersebut, pastikan kamu memiliki jawaban yang tersusun. Tak perlu dihafal, karena pertanyaan tersebut menyangkut dirimu dan hanya perlu kamu latih. Pastikan pula tidak menjual dirimu berlebihan. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Makna dan Kegunaan 7 Sakramen dalam Gereja Katolik

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:15 WIB

4 Peran Kerjasama Pendidikan oleh Negara ASEAN

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:15 WIB
X