Biar Gak Burnout, Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Mental saat Beban Kerja Menumpuk

- Rabu, 11 Mei 2022 | 06:30 WIB
Ilustrasi beban kerja yang menumpuk (Freepik/Krakenimages.Com)
Ilustrasi beban kerja yang menumpuk (Freepik/Krakenimages.Com)

Sebagai seorang pekerja kamu pasti pernah mengalami kelelahan, bukan hanya fisik tapi juga mental. Akan tetapi karena tuntutan kebutuhan, kamu sering abai terhadap kesehatan diri.

Padahal fisik dan mental seorang pekerja haruslah tangguh. Sebab tantangan di tempat kerja tak pernah bisa ditebak. 

Mungkin selalu ada hal atau target baru yang harus kamu capai. Belum lagi beban pekerjaan yang sering kali menguras energi dan emosi. 

Jika sudah begini bisa dikatakan beban kerja terlalu banyak hingga membuat kamu stres sendiri. Kamu pun harus segera berkonsultasi dengan tenaga ahli untuk memberikan terapi agar kondisinya segera membaik.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Bangkitkan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran, Ingat Butuh Cuan!
 
Nah supaya hal di atas tidak terjadi dan kamu bisa mengatasi tekanan di tempat kerja, kamu sebaiknya melakukan tips berikut. 

Dikutip dari berbagai sumber, inilah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental agar terus stabil meski beban pekerjaan terlalu banyak. 

1. Mengetahui kemampuan diri

-
Ilustrasi karyawan kantoran (Freepik/tirachardz)

Selama bekerja kamu pasti tahu batas kemampuan diri. Bidang apa yang jadi keahlianmu atau bagian yang perlu kamu hindari kamera selalu berisi gagal jika ditangani. 
 
Nah kamu perlu perpegangan pada dua hal ini. Jadi begitu kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai kelahiran kamu bisa perform semaksimal mungkin. 
 
Namun jika ada bagian yang dirasa sangat sulit dan bukan keahlianmu, kamu bisa menyiapkan plan a hingga z untuk memaksimalkannya. 
 
Tetapi jika dirasa sudah sangat diluar batas kemampuan dan tidak bisa diusahakan, lebih tidak usah dipaksakan. Sebab memaksakan sesuatu di luar batas hanya akan merusak kesehatan mental dan menyakiti diri.

2. Pandai cari alternatif

-
Ilustrasi karyawan kantoran (Freepik/tirachardz)

Kamu harus paham, memaksakan pekerjaan dengan beban kerja yang berat bukanlah hal yang bijak. Bagaimanapun tubuh perlu istirahat dan suasana sehat agar hasil kerja maksimal. 
 
Jadi jika tidak yakin dengan kemampuanmu lebih baik cari solusi dan alternatif lain. 
 
Kamu bisa sampaikan ke atasan bahwa bidang yang ini tidak bisa kamu usahakan tetapi kamu punya solusi agar target tetap bisa tercapai.

3. Bijak mengelola stress

-
Ilustrasi karyawan kantoran (Freepik/partystock)

Agar kesehatan mental di tempat kerja terjaga, kamu wajib bisa mengelola stres.
 
Ketahuilah, stres yang hanya diabaikan tanpa dicarikan solusi terbaiknya lambat laun akan membunuh diri.
 
Karena itu, temukan cara terbaik agar manajemen stres tetap dapat dilakukan dengan baik meski di tengah beban pekerjaan yang terasa berat.

4. Latih sugesti dan pikiran positif

-
Ilustrasi karyawan kantoran (Freepik/tirachardz)

Tidak mudah untuk terus bekerja dengan lancar di tengah beban yang berat, apalagi bila kamu mungkin baru terjun dalam bidang pekerjaan tersebut. 
 
Karenanya kamu perlu selalu menanamkan sugesti dan pikiran yang positif. Kedua hal ini akan membuatmu memiliki pandangan untuk terus memberikan yang terbaik, namun tidak sampai membebani diri sendiri.

5. Lakukan kegiatan lain untuk menyegarkan pikiran

-
Ilustrasi karyawan kantoran (Freepik/tirachardz)

Banyak orang yang  memaksakan diri dan mengorbankan kesehatan mental demi promosi jabatan atau posisi tertentu. Padahal yang demikian bukanlah hal yang bijak. 
 
Kamu bisa saja tiba-tiba mengalami burnout yang malah makin memperburuk suasana. 
 
Karenanya bekerjalah sewajarnya dan lakukan hal lain yang membuat dirimu senang. Cara ini akan menyegarkan pikiran dan membuat bisa sedikit menghindari rasa stres yang datang.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Makna dan Kegunaan 7 Sakramen dalam Gereja Katolik

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:15 WIB

4 Peran Kerjasama Pendidikan oleh Negara ASEAN

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:15 WIB
X