Tak Perlu Banyak Tindakan, Begini Cara Elegan Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Iri

- Selasa, 25 Januari 2022 | 15:51 WIB
Ilustrasi rekan kerja yang iri (Pixabay/tuaindeed)
Ilustrasi rekan kerja yang iri (Pixabay/tuaindeed)

Di sebuah tempat kerja tentu terdapat banyak tipe manusia. Salah satunya yang suka iri dan tak bisa melihat orang lain sukses.

Orang-orang seperti ini sangat toxic dan bisa mengganggu fokus kita. Meski begitu, kita tidak boleh menghadapi mereka dengan cara yang biasa. 

Sebaliknya orang-orang model begini harus dihadapi dengan cara elegan. Agar mereka tahu bahwa kita memang layak untuk mendapatkan suatu pencapaian dan tidak seharusnya mereka iri.

Nah seperti apa cara elegan menghadapinya? Berikut Indozone telah merangkum caranya yang dikutip dari Fairygodboss, Selasa (25/1/2022). 

1. Tenang dan jangan terpancing emosi 

-
Ilustrasi tidak emosi (Pixabay/BakiBG)

Jika rekan kerja suka iri terhadap pencapaian kita, biasanya mereka suka membicarakan dan menyebar berita miring tentang kita. Hal itu bertujuan hanya untuk menjatuhkan kita di hadapan rekan kerja yang lain.

Karena itu tetaplah tenang dan jangan mudah terpancing emosi. Cukup tingkatkan kualitas kerjamu menjadi lebih baik lagi dan biarkan dia dengan segala usaha buruknya. 

2. Jaga profesionalitas

-
Ilustrasi bersikap profesional (Pixabay/GeorgiNutsov)

Menjaga profesionalitas saat bekerja adalah hal yang sangat penting. Jangan biarkan dirimu terjebak dan terpengaruh terhadap rekan kerja yang iri.

Bersikaplah biasa saja, tunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas yang lebih baik dan bisa bersikap profesional dalam melakukan pekerjaan dibandingkan orang tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa membatasi komunikasi dengan orang yang seperti itu. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahpahaman yang justru dapat semakin memperburuk suasana.

3. Tetap rendah hati dan berbagi 

-
Ilustrasi berbagi (Pixabay/fizkes)

Ada banyak penyebab mengapa rekan kerja merasa iri dengan kita. Salah satunya bisa karena diri kita sendiri.

Tanpa sadar mungkin kita bersikap jumawa. Sikap kita mungkin berlebihan ketika meraih keberhasilan dan kesuksesan.

Maka dari itu ketika berhasil memperoleh sesuatu dalam pekerjaan tetaplah untuk bersikap rendah hati. Bahkan akan lebih baik kalau kita juga mau berbagi tips dan ilmu yang kita miliki. 
 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Makna dan Kegunaan 7 Sakramen dalam Gereja Katolik

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:15 WIB

4 Peran Kerjasama Pendidikan oleh Negara ASEAN

Kamis, 21 Maret 2024 | 18:15 WIB
X