Polri Sebut Jozeph Paul Zhang Masih Berstatus WNI, Interpol Bakal Terbitkan Red Notice

- Selasa, 20 April 2021 | 13:28 WIB
Jozeph Paul Zhang penghina Nabi Muhammad dan ngaku Nabi ke-26. (Istimewa)
Jozeph Paul Zhang penghina Nabi Muhammad dan ngaku Nabi ke-26. (Istimewa)

Pihak kepolisian memastikan Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono masih berstatus warga negara Indonesia (WNI).

Bukan seperti klaim Paul Zhang yang sudah beralih menjadi WNA satu negara di Eropa.

"Sejak 2017-2021 tidak ada pengajuan pencabutan kewarganegaraan atas nama JPZ," kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto kepada wartawan, Selasa (20/4/2021).

Setelah dietapkan sebagai tersangka, Polri kata Agus sedang mengurus Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron terhadap Jozeph untuk bisa status red notice bisa dikeluarkan interpol di Lion, Prancis.

Menurutnya penyelidikan sudah dilakukan polisi karena alat bukti dan pelakunya sudah jelas.

Sebelumnya pihak kepolisian telah menetapkan Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoeljono sebagai tersangka kasus penistaan agama.

"Benar, Jozeph Paul sudah kita tetapkan sebagai tersangka," ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat dihubungi Indozone, Selasa (20/4/2021).

Tahu bahwa dirinya sedang diburu Polri, Jozeph malah tertawa ngakak. Ia menganggap bahwa hal itu justru merupakan jebakan.

"Itu jebakan batman, hati-hati sekali," katanya, dalam sebuah video yang tersebar di Instagram.

Dan bukannya takut, Jozeph malah mengejek. Ia menganggap bahwa hal itu politis dan membawa-bawa agama Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

"Itu sebenarnya tujuannya politik. Politik banget. Itu bukan ke saya itu. Karena Kapolrinya kan Kristen. Itu nanti didoakan aja pemerintahnya diberi hikmat untuk menyelesaikannya," ujarnya.

Jozeph lantas membandingkan dirinya dengan Yahya Waloni dan Ustaz Abdul Somad, yang menurutnya juga kerap menista agama.

"Yang di Jerman jauh-jauh kalian kejar, sampai hebohnya begitu minta ampun. Yang di depan kalian, Yahya Waloni sama Abdul Somad enak-enak aja," katanya.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X