Survei Nasional Parameter Politik Indonesia: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 13:22 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Instagram/@prabowo)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Instagram/@prabowo)

Lima tokoh nasional yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono masih unggul dalam survei kandidat terkuat calon Preseiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam diskusi melalui zoom yang digelar Sabtu (5/5/2021).

"Kami melakukan survei dan 5 nama terbesar apabila pemilihan presiden dilaksanakan saat ini karena Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi, maka ada 5 nama tokoh utama yang paling berpeluang," ujar Adi Prayitno.

-
Hasil survei Parapemeter Politik Indonesia menunjukan nama Prabowo Subianto berada di urutan pertama. (Istimewa)

 

Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 22,3 persen lalu ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan dengan 19,7 persen.

Baca Juga: Survei CISA: Elektabilitas AHY Salip Prabowo

Lalu di tempat ketiga ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan angka 18,1 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10,1 persen. Selanjutnya menempati peringkat kelima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan presentase 7,5 persen.

"Ada 22,3 persen suara yang ragu atau belum menjawab dalam survei lima tokoh Capres Pilpres 2024 ini," tutup Adi Prayitno.

Survei Nasional Parameter Politik Indonesia yakni "Peta Politik Nasional Menuju Pilpres 2024" dilakukan pada 23-28 Mei 2021 dan diikuti 1.200 responden melalui survei telepon dengan margin of error survei sebesar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X