Pembuat Game The Last of Us Kecewa Namanya Gak Muncul di Serial HBO

- Kamis, 26 Januari 2023 | 01:30 WIB
The Last of Us. (Epic Games)
The Last of Us. (Epic Games)

Salah satu sutradara dan pembuat game orisinil The Last of Us (2013), Bruce Straley, mengungkapkan kekecewaannya karena namanya tidak muncul di credit scene serial The Last of Us yang ditayangkan di HBO.

Dalam sebuah wawancara dengan The Los Angeles Times, ia menyarankan agar industri game memiliki serikat pekerja sebagai cara untuk melindungi karya-karya para creator game, yang diadaptasi menjadi sebuah film atau serial.

Baca Juga: Penjualan The Last of Us Pecah, Kesuksesan Serialnya Bikin Gamer Tertarik Main: Kamu Juga?

Sementara itu, nama dari co-creator dan co-director yang bekerja sama dengan Bruce Straley ketika menggarap game The Last of Us, yakni Neil Druckmann dan Craig Mazin, tetap tercantum dalam serial tersebut.

-
Gameplay The Last of Us. (PlayStation)

Kejadian ini pun membuat Straley kecewa berat, karena game tersebut tidak akan bisa selesai tanpa campur tangannya. Namun, setelah booming dan diangkat ke serial HBO, namanya malah tidak dicantumkan di credit scene.

"Ini adalah argumen untuk serikat pekerja bahwa seseorang yang merupakan bagian dari penciptaan bersama dunia dan karakter-karakter itu tidak mendapatkan kredit atau sepeser pun untuk pekerjaan yang mereka lakukan di dalamnya," kata Straley, dikutip dari Kotaku.

"Mungkin kita membutuhkan serikat pekerja di industri video game, untuk bisa melindungi pembuat konten," sambungnya.

Tentang Bruce Straley

-
Bruce Straley. (Wikipedia)

Bruce Straley adalah sutradara game, artis, desainer, dan direktur studio Amerika. Dia sebelumnya bekerja untuk pengembang video game Naughty Dog, yang dikenal karena karyanya di video game The Last of Us dan Uncharted 4: A Thief's End.

Karya video game pertama Straley adalah sebagai seniman di Western Technologies Inc, di mana dia mengerjakan cartridge enam game Menacer (1992) dan X-Men (1993).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Zombie Selain dari The Last of Us, Gak Kalah Seru dan Menegangkan

Setelah itu, dia membentuk perusahaan, Pacific Softscape, tempat dia bekerja sebagai desainer di Generations Lost (1994).

Usai perusahaannya itu bubar, Straley akhirnya dipekerjakan di Crystal Dynamics , tempat dia bekerja sebagai desainerGex: Enter the Gecko (1998). Setelah itu, dia menjadi game director untuk Gex 3: Deep Cover Gecko (1999).

Straley bekerja di Naughty Dog pada tahun 1999 sebagai artist di Crash Team Racing (1999) dan serial Jak and Daxter (2001–2004). Setelah itu, ia menjadi co-art director di Uncharted: Drake's Fortune (2007), dan dipromosikan menjadi game director Uncharted 2: Among Thieves (2009).

-
Gameplay The Last of Us. (PlayStation)

Dia kemudian dipilih untuk memimpin pengembangan The Last of Us (2013) sebagai game director, peran yang dia teruskan selama pengembangan Uncharted 4: A Thief's End (2016). 

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Streamer Terkenal Ninja Umumkan Idap Kanker Kulit

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:36 WIB
X