10 Merek Pakaian Indonesia Tampil di Paris Fashion Week 2022, Apa Saja?

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:12 WIB
Model mengenakan busana rancangan Maria Grazia Chiuri saat Paris Fashion Week di Paris, Prancis, Selasa (29/9/2020). (REUTERS/Benoit Tessier)
Model mengenakan busana rancangan Maria Grazia Chiuri saat Paris Fashion Week di Paris, Prancis, Selasa (29/9/2020). (REUTERS/Benoit Tessier)

Sepuluh merek pakaian asal Indonesia akan tampil di Gekrafs Paris Fashion Show di Paris Fashion Week 2022, yang digelar pada 6 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome.

Sebagai informasi, "Gekrafs Paris Fashion Show" merupakan acara off-schedule dari Paris Fashion Week (PFW). Acara on-schedule PFW sendiri dikhususkan untuk jenama asal Paris. Jenama dari luar Paris yang berpartisipasi diwajibkan membuat pagelaran sendiri dengan standar PFW.

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) akan membawa 10 merek lokal untuk tampil di Paris, di antaranya termasuk 3Second dan Greenlight asal Bandung, Jawa Barat. Keduanya masing-masing berkolaborasi dengan jenama Danjyo Hiyoji dan desainer Ican Harem.

-
Model mengenakan busana rancangan Maria Grazia Chiuri saat Paris Fashion Week di Paris, Prancis, Selasa (29/9/2020). (REUTERS/Benoit Tessier)

3Second berkolaborasi dengan Danjyo Hiyoji akan memperkenalkan koleksi busana yang terinspirasi dari upacara tradisional panen padi di Jawa Barat, Seren Taun, dengan judul "Heeji".

Menurut Co-founder & Director Danjyo Hiyoji Dana Maulana, koleksi kolaborasi itu memasukkan elemen-elemen dalam tradisi "Seren Taun" dan khas Jawa Barat seperti motif butiran padi hingga alat musik angklung dan karinding. Elemen tradisional itu dikemas dalam gaya kontemporer.

"Singkatnya, kami membawa semangat untuk mengemas tradisi dalam balutan kemajuan zaman di koleksi 'Heeji' untuk 3Second x Danjyo Hiyoji," kata Dana saat konferensi pers virtual, dikutip dari Antara, Sabtu (26/2/2022).

Dana mengatakan nantinya ada penggabungan antara elemen khas Jawa Barat dengan gaya kontemporer, seperti gedung sate yang dipadukan dengan gedung modern dalam satu pattern.

"Kami ingin nanti di dunia luar itu tidak hanya melihat tentang tradisionalnya Indonesia, tapi juga bisa melihat modernnya Indonesia, khususnya Jawa Barat," katanya.

Koleksi kolaborasi itu akan menonjolkan elemen-elemen tersebut melalui kain print, bordir, serta payet. Dana mengatakan warna-warna yang akan muncul juga terinspirasi dari pertanian, termasuk warna hijau sawah, coklat krem tanah, hingga merah marun bata.

Marketing Manager 3Second dan Greenlight Hendri Sase mengatakan kesempatan untuk hadir di Paris menjadi suatu kebanggaan dan tonggak sejarah bagi merek itu jelang dua dekade eksis di industri fesyen Indonesia.

Selain membawa nilai budaya asli Indonesia ke internasional, Hendri mengatakan perjalanan ke Paris ini juga menjadi tantangan bagi jenama untuk terus menggali sisi kreativitas dan mengikuti kemajuan zaman agar bisa bersaing di era globalisasi.

"Harapannya ini menjadi suatu penyemangat bahwa brand lokal bisa bersaing dan bisa menunjukkan ke global dan juga memacu teman-teman brand lain untuk bersama-sama menghadapi globalisasi ini," ujarnya.

DIdukung Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung merek-merek lokal yang akan tampil di Paris.

"Ini momen bersejarah bahwa suatu hari kreativitas Indonesia ini akan menaklukkan dunia, saya sangat yakin, khususnya Jawa Barat," kata Ridwan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Manfaat Rosemary Oil sebagai Perawatan Rambut

Rabu, 24 April 2024 | 13:49 WIB
X